Waoow Uniknya! Ketiga Ikan Ini Mampu Berjalan di Daratan

Published on

Pernahkan anda melihat ikan berjalan didarat atau dipohon? Pasti anda berpikir itu adalah hal yang mustahil, tetapi kenyataannya ada ikan berjalan dengan mudah saat mereka didaratan. Apa saja ikan yang berjalan di darat? Simak berikut ini!

Waoow Uniknya! Ketiga Ikan Ini Mampu Berjalan di Daratan

Ikan berjalan di darat merupakan hal yang sangat mustahil. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan harusnya hanya bisa berenang di air saja, namun ternyata ada juga ikan yang bisa berjalan di daratan. Apakah ikan tersebut tidak kehabisan oksigen saat di darat? Tentu saja tidak ikan itu tidak mati, kalau mereka hanya berjalan dalam kurun waktu beberapa detik saja. Pasti ikan berjalan di darat ini sangat unik dan berbeda dari lainnya.

 

Inilah 3 Jenis Ikan Berjalan di Darat dengan Mudah

                Ikan yang selama ini kita lihat pasti di dalam air saja. Tidak mungkin mereka bisa berjalan-jalan di daratan semau mereka. Hal ini cukup menimbulkan banyak pertanyaan tentang rasa penasaran terhadap ikan yang berjalan didarat. Daripada memikirkannya saja anda bisa mengetahui secara langsung tentang jenis ikan berjalan di darat pada berikut ini.

  1. Ikan Mudskipper

Ikan Mudskipper ternyata ada juga di Indonesia, tepatnya di daerah Kalimantan. Biasanya anda akan menemui ikan ini paling banyak di lumpur, air payau, dan sekitar hutan bakau. Ikan ini tidak hanya berjalan didarat saja melainkan juga dapat memanjat pohon. Bagaimana anda pasti sangat terkejut bukan? Tapi kenyataannya memang ikan Mudskipper bisa berjalan didarat dengan menggunakan sirip dadanya.

Ikan berjalan di darat ini menggunakan organ pernafasan insang namun ada yang istimewa dari organnya, yaitu bilik insangnya memiliki lipatan ganda dan disertai dengan pembuluh darah yang banyak. Adanya hal istimewa tersebut maka, pertukaran udara akan terjadi ketika ikan tersebut berada didaratan.

  1. Ikan Lele Eel

Ikan Lele Eel ini berasal dari benua Afrika, keunikan ikan ini yaitu dapat berjalan di darat dalam waktu lama untuk mencari makanan seperti kumbang dan belalang. Saat berada di daratan ikan ini mampu bernafas dengan menggunakan organ suprabranchial yang tugasnya menyerap oksigen khusus dari insang. Bila ikan berada di darat mereka bisa bernafas dengan bebas hingga akhirnya masuk ke dalam kolam.

  1. Climbing Gourami

Ikan Climbing Gourami asli dari Asia Tenggara dan Afrika. Ikan ini dapat berjalan dengan menggunakan repertoarnya ketika berada di atas permukaan tanah. Cara mendapatkan oksigen ketika didaratan yaitu menggunakan organ khusus. Nama organnya yaitu Labiri suatu suprabranchial turbocharged yang didalamnya terdapat molekul oksigen. Fungsi organ itu yaitu digunakan untuk menghirup udara ketika berada di atas permukaan air.

                Menakjubkan kenyataan ada juga ikan berjalan di darat bahkan ikan itu bisa memanjat di pohon. Meski mereka bernafas dengan insang namun juga dilengkapi organ khusus untuk bernafas di daratan. Sungguh sangat mengagumkan, baik daratan dan air kini tidak menjadi masalah buat ikan-ikan di atas. Mereka dapat bertahan hidup dan melindungi diri mereka hingga akhirnya sampai kembali ke dalam air.

 

 

 

               

 

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post